Behemoth

BEHEMOTH



“Behold Behemoth,
which I made as I made you;
he eats grass like an ox.
Behold, his strength is in his loins,
and his power in the muscles of his belly.
He makes his tail stiff like a cedar;
the sinews of his thighs are knit together.
His bones are tubes of bronze,
his limbs like bars of iron.
He is the first of the works of God;
let him who made him bring near his sword!
For the mountains yield food for him
where all the wild beast play.
Under the lotus plant he lies,
in the covert of the reeds and in the marsh.
For his shade the lotus tree covers him
the willows of the brook surround him.
Behold, if the river is turbulent he is not frightened;
he is confident though Jordan rushes against his mough.
Can one take him with hooks,
or pierce his nose with a snare?”

Job 40:15-24



Behemoth ( “בהמות” dalam bahasa Yahudi ) terkenal sebagai demon raksasa yang sering muncul pada mitologi dan literatur kuno Yahudi. Dalam mitos Islamik, Behemoth seringkali disamakan dengan “Bahamut” ( demon raksasa berwujud ikan paus yang memikul 7 bumi di atas tubuhnya).

Menurut penafsiran dari literatur kuno Yahudi, Behemoth merupakan makhluk pertama dan terbesar yang pernah diciptakan dari tanah liat oleh Tuhan dengan tanganNya sendiri, pada hari ke-6 di masa periode penciptaan dunia. Behemoth termasuk satu dari tiga demon raksasa yang melambangkan kuasa atas tanah / daratan, dua diantaranya adalah Leviathan ( lautan luas ) dan Ziz ( langit / udara ).


Behemoth, Leviathan, & Zig dalam mitologi Yahudi.

Behemoth dideskripsikan sebagai makhluk raksasa yang memiliki tulang dari tembaga dan tungkai dari besi; serta habitatnya diyakini berada pada sebuah padang gurun besar bernama Dendain ( Dundayin dalam tradisi Yahudi ), yang memiliki ribuan gunung – gunung besar sebagai makanannya. Saking raksasanya menurut mitos Yahudi, Behemoth dipercaya mampu menghabiskan seluruh Sungai Yordan maupun satu gunung besar dalam sekali telan.

Quote:The Book of Job describes him as a monstrous creature. rabbis make him a great roast on the festival of their Messiah because he can eat as much hay as beef. They make the roast large enough so that Behemoth must gobble up the hay of a thousand mountains a day, which he has eaten since the beginning of the world. He never leaves these mountains, for if he did, time would be disrupted.

Letak Dendain sendiri diyakini berada di bagian timur Garden of Eden ( Taman Eden ), dan konon tidak akan pernah dapat ditemukan oleh manusia manapun sebelum akhir zaman tiba.

Quote:“And that day will two monsters be parted, one monster, a female named Leviathan in order to dwell in the abyss of the ocean over the fountains of water; and (the other), a male called Behemoth, which holds his chest in an invisible desert whose name is Dundayin, east of the garden of Eden.”

1 Enoch 60:7-8


Konon Tuhan cuma menciptakan satu Behemoth saja, sehingga mereka tidak dapat bereproduksi dan bertambah banyak. Mengenai jenis kelamin si Behemoth ini, dalam mitos Yahudi dikatakan bahwa Tuhan menciptakan Behemoth sebagai “yang jantan”, dan counterpartnya Leviathan sebagai “yang betina”. Kedua “monster” ini cuma diciptakan Tuhan masing – masing satu aja karena power dan size nya itu.

Quote:“Then you kept in existence two living creatures; the name of one you called Behemoth and the name of the other Leviathan. And you separated one from the other, for the seventh part where the water had been gathered together could not hold them both. And you gave Behemoth one of the parts which had been dried up on the third day, to live in it, where there are a thousand mountains; but to Leviathan you have the seventh part, the watery part; and you have kept them to be eaten by whom you wish, and when you wish”
4 Esdras 6:49-52


Behemoth sering dipadankan dengan Leviathan sebagai dua demon raksasa dalam mitologi Yahudi dan kepercayaan Abrahamik, dimana pada akhir zaman keduanya akan saling bertarung dalam satu duel yang sangat dahsyat dimana saking dahsyatnya, Tuhan sendirilah yang akhirnya turun tangan untuk menghabisi kedua demon tersebut dan dagingnya akan digunakan untuk memberi makan semua umat manusia yang benar.



Dalam Dictionnaire Infernal, Behemoth digambarkan sebagai demon raksasa yang sangat kuat dan licik dalam wujud seekor gajah yang mengerikan. Behemoth sering dijadikan lambang untuk dosa kerakusan ( gluttony ) yang adalah salah satu dari 7 dosa mematikan ( seven deadly sins ) dan merupakan demon yang dipercaya melambangkan kejatuhan manusia dalam ketamakannya sendiri.

Selain itu, Behemoth juga dipercayai memegang kekuasaan sebagai penjaga neraka ( Infernal Watchman ) dan kepala pelayan ( Great Butler ) yang bertanggungjawab atas masalah penghidangan makanan / pesta pora ( gluttonous feasts ) bagi para iblis – iblis di Neraka.

Sementara untuk wujud dan rupa dari Behemoth sendiri, terdapat dalam beberapa versi, antara lain berupa gajah, kuda nil, buaya, ataupun anjing raksasa.


Spoiler for Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Behemoth
http://www.occultopedia.com/b/behemoth.htm
http://www.mythicalcreatureslist.com...ature/Behemoth
Dictionnaire Infernal

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.