Daimon

Daimon

Spoiler for ilustrasi gambar:




Quote:Dalam konteks dunia Yunani, kata "daimon" (roh jahat, setan-setan) dikaitkan dengan "kekuatan gelap" yang menguasai atau merasuki seseorang dan menyebabkan kesakitan jasmaniah. Beberapa hal yang dapat disebut mengenai "daimon" adalah bahwa daimon merupakan "ilah" (dewa) yang kurang dikenal (Kisah 17: 18 ), unsur kodrati yang sulit dipahami, apa yang melampaui kita, "ilah" yang merasuk atau sesuatu yang menguasai kita (Theological Disctionary of The New Testament, 137-140). Biasanya daimon ditempatkan dalam kerangka "kerasukan" ("daimonizomai"). Kadang kata ini dikaitkan pula dengan roh (pneuma), roh kenajisan/tidak murni (pneuma akatharton, 1 Tesalonika 2:3), roh-jahat (pneuma poneron, Kisah 19: 15), roh yang membisukan ("pneuma alalon", Markus 9: 17), roh penyebab penyakit ("pneuma astheneias", Lukas 3:11), dan roh tenung ("pneuma puthon", Kisah 16: 16 )

"Daimon" dalam Injil Sinoptik (Matius, Markus, Lukas) diungkapkan dalam pemahaman sebagai roh yang ditolak oleh manusia (Matius 7:22; Markus 3:15; 6:13; 9:38 ) dan oleh Yesus (Matius 8:16) karena membuat seseorang menjadi tak berdaya. Daimon itu membutuhkan tempat untuk berdiam (ayat 31), membuat manusia menjadi bisu (Matius 9:33), menyebabkan badan orang sakit (Matius 10:8 ), berbicara dengan menggunakan manusia (Markus 1 :34), pemah menguasai Maria Magdalena (Matius 16:9; Lukas 8:2), dan memungkinkan orang tinggal di kuburan (Lukas 8:27).

Aktivitas daimon ini telah terbukti dengan banyak orang yang "murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat "pneumasin plamis" dan hidup dalam ajaran setan-setan" (1 Timotius 4: 1). Orang-orang semacam ini adalah orang-orang yang merasa tidak perlu mengakui Allah, sehingga Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk dan perbuatan yang tidak pantas (Roma 1 :28 ).

Kitab Wahyu meneguhkan hal itu dengan menyebutkan bahwa menyembah daimon dilakukan dengan menyembah berhala dari emas, perak, tembaga, batu, kayu yang disertai dengan pembunuhan, sihir, percabulan dan pencurian (Wahyu 9: 10).

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.