Satanas

Satanas

Spoiler for ilustasi gambar:


Quote:Kerangka pemikiran 'Demonologi' Qumran dan Yahudi yang menyajikan pertentangan antara kuasa terang dan malaikat kegelapan dapat diterima sebagai latar belakang gagasan mengenai satanas (Iblis). Sepintas kita menyebut gagasan itu sebagai suatu yang dualistis, padahal tidaklah demikian karena malaikat kegelapan itu yang kadang disebut sebagai "belial" (Yunani: "beliar", 2 Korintus 6:15) awalnya juga diciptakan oleh Allah, bahkan ditempatkan dalam pertentangan melawan kebenaran dan martabat Allah. Dalam tradisi Yudaisme, gagasan mengenai hal ini tersebar dalam beberapa tulisan Apokripha dan Pseudepigrapha, seperti Jubille, Life of Adam Eve, I-II Enoch dan The Apocalyse Esdras.

Kesaksian Lukas 10: 18 ini menunjukkan kepada kita suatu pemikiran bahwa Perjanjian Baru membedakan antara diabolos dan satanas (biasanya diterjemahkan "Iblis"). Satanas lebih dilihat sebagai malaikat kegelapan yang jatuh ke bumi. Bumi tidak saja dipahami sebagai tempat tinggal manusia tetapi juga sebagai medan peperangan melawan malaikat-malaikat Allah (Wahyu 12:7). Gugatan satanas langsung menyentuh hidup konkret manusia (Ayub 1 :6-9,12; 2: 1-4,6-7). Beberapa hal yang disebut Perjanjian Baru adalah bahwa nama satanas keluar dari mulut Yesus (hupage Satana! Enyahlah Iblis, Matius 4:10; 16:23; Markus 8:33).

Satanas mempunyai kerajaannya sendiri yang didiami oleh para sekutunya (Matius 12:26; Markus 3:23,26; Lukus 11: 18 ). Kerajaan itu sering disebut "takhta Iblis" (ho thronos tou satana, Wahyu 2: 13). Ia mengambil firman yang ditaburkan Allah dalam diri kita (Markus 4: 15), membelenggu wanita hingga jatuh sakit (Lukas 13:16), masuk ke dalam dan menuntut balas pada murid-murid Yesus (Lukas 22:3,31; Yohanes 13:27), menguasai kita untuk mendustai Roh Kudus (Kisah 5:3) dan hidup dalam kegelapan (Kisah 26:18 ), menggodai orang yang saling menjauhi karena tak tahan bertarak menahan hawa nafsu (I Korintus 7:5), mencari keuntungan atas kita (2 Korintus 2: 11) dan menyamar sebagai "malaikat terang" (2 Korintus 11: 14), mempunyai seorang utusan (2 Korintus 12:7), mencegah perutusan (1 Tesalonika 2: 18 ), mendatangkan pendurhaka pelbagai rupa perbuatan ajaib-tanda dan mujizat palsu (2 Tesalonika 2:9), menghujat kebenaran Allah (1 Timotius 1 :20) dan menyesatkan para janda (1 Timotius 5: 15).

Namun, satanas akan hancur di bawah kaki kita berkat kasih karunia Yesus (Roma 16:20). Walaupun Satanas membinasakan tubuh, roh kita akan diselamatkan pada hari Tuhan (1 Korintus 5:5). Satanas membentuk suatu "jemaat Iblis" ("sunagôgê tou satana", Wahyu 2:9; 3:9), mempunyai dan memiliki sejarah hidupnya (ayat 24). Satanas pun disebut sebagai naga atau ular tua (Wahyu 12:9).

Naga yang disebut sebagai "seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota" (Wahyu 12:3) bersama para malaikatnya berperang melawan Mikael bersama malaikat surga (ayat 7).

J Konn mengatakan bahwa naga itu adalah suatu hasil "keguguran yang mengerikan" dari kerajaan kegelapan. Peperangan itu terjadi karena naga itu adalah "penjelmaan sedemikian rupa" dari makhluk surgawi yang tidak bisa kita pahami secara akal." Yang dimaksud adalah bahwa naga itu dilemparkan di atas bumi (ayat 13) dan memberikan kekuatan kepada makhluk yang serupa dengan macan tutul (Wahyu 13:2). Naga itu akan disembah (ayat 4), seperti "anak domba" (ayat 11). Dari mulutnya keluar tiga roh najis yang menyerupai katak (Wahyu 16: 13). Namun, akhirnya naga itu diikat seribu tahun lamanya dan pada akhir zaman kuasa jahat itu akan dibinasakan oleh Allah (Ayub 3:8; 7:12).

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.